Hai Guys ...!!
don't worry be happy yaaaaaa :D

Jumat, 29 Januari 2010

Asas Legalitas dalam Doktrin Hukum Indonesia

Salah satu keberhasilan kekuasaan Napoleon Bonaparte adalah dia berhasil mengokupasi beberapa wilayah Eropa di sekitar Perancis, termasuk Nederland. Napoleon menjadikan Nederland sebagai daerah persemakmuran Perancis dengan nama Republik Bataaf. Republik ini diserahkan kepada adik Napoleon (Napoleon III). Konsekuensi logis dari okupasi ini adalah Nederland harus mengikuti ketentuan hukum yang berlaku di Perancis, termasuk Code Penal Perancis. Ketika penjajahan Perancis di Nederland sudah berakhir, Belanda mengadopsi ketentuan asas legalitas dalam Pasal 1 Wetboek van Stafrecht Nederland 1881. Karena berlakunya asas konkordansi anatara Nederland dan Hindia Belanda, maka masuklah ketentuan asas legalitas dalam Pasal 1 Wetboek van Stafrecht Hindia Belanda 1918. Selanjutnya asas umum dalam semua hukum menyatakan bahwa undang-undang hanya mengikat apa yang terjadi dan tidak mempunyai kekuatan surut. Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 6 Algemene Bepalingen van wetgeving voor Nederlands Indie (AB) Staatsblad 1847 Nomor 23. Ketentuan yang bisa menyatakan suatu undang-undang/aturan berlaku surut hanyalah ketentuan yang secara hirarki tingkatannya lebih tinggi dari undang-undang itu sendiri (undang-undang dasar/konstitusi). Artinya suatu undang-undang tidak bisa menyimpangi ketentuan non retroaktif, apabila konstitusi tidak memberikan kewenangan untuk penyimpangan itu. Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945, Indonesia mengalami perubahan hukum, dari hukum kolonial berubah menjadi hukum nasional. Perubahan ini juga ditandai dengan diundangkannya Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada 18 Agustus 1945, yang selanjutnya akan dijadikan pijakan dalam penyusunan undang-undang di bawahnya. Selain akan dibentuk aturan-atauran hukum baru, dalam undang-undang dasar ini juga berlaku ketentuan peralihan, Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945 (sebelum amandemen) menyatakan, “Segala badan negara dan peraturan yang ada masih langsung berlaku, selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini.” Ini berarti peraturan perundang-undangan yang ada pada masa kolonial masih akan tetap berlaku, sebelum dikeluarnya ketentuan baru menurut UUD 1945. Termasuk di dalamnya ketentuan Pasal 1 KUHPidana (Wetboek van Stafrecht), yang menegaskan berlakuanya asas legalitas dan non retroaktif.


Mengapa ketentuan ini kemudian perlu dibicarakan? Sebab aturan-aturan yang ada dalam Undang-Undang Dasar 1945 (sebelum amandeman), tidak ada satu pasal pun yang menyatakan secara tegas dan eksplisit tentang berlakunya asas legalitas dan non retroaktif. Berarti, secara teoritis UUD 1945 (sebelum amandemen) memberi kesempatan untuk melakukan penyimpangan terhadap ketentuan asas legalitas, karena tidak ada pasal-pasalnya yang merumuskan ketentuan asas legalitas.[1]


Sesaat setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS) pada 17 Agustus 1950, Indonesia menggunakan Undang-Undang Dasar Sementara 1950, sebagai pengganti Konstitusi RIS, dan menunggu disusunnya undang-undang dasar baru. Dalam ketentuan Undang-Undang Dasar Sementara 1950 dicantumkan ketentuan berlakunya asas legalitas, ketentuan ini terdapat dalam Pasal 14 ayat (2) yang berbunyi, “Tidak seorang juapun boleh dituntut untuk dihukum atau dijatuhi hukuman, kecuali karena suatu aturan hukum yang sudah ada dan berlaku terhadapnya.” Kemudian untuk melindungi ketentuan hukum pidana adat, yang tidak tertulis, agar tetap berlaku, serta menjunjung tinggi ketentuan asas legalitas, maka dikeluarkan ketentuan dalam Pasal 5 ayat (3b) Undang-Undang Darurat No. 1 Tahun 1951, yang berbunyi:

”Hukum materiil sipil dan untuk sementara waktu pun hukum materiil pidana sipil yang sampai kini berlaku untuk kaula-kaula daerah Swapraja dan orang-orang yang dahulu diadili oleh Pengadilan Adat, ada tetap berlaku untuk kaula-kaula dan orang itu, dengan pengertian : bahwa suatu perbuatan yang menurut hukum yang hidup harus dianggap perbuatan pidana, akan tetapi tiada bandingnya dalam Kitab Hukum Pidana Sipil, maka dianggap diancam dengan hukuman yang tidak lebih dari tiga bulan penjara dan/atau denda lima ratus rupiah, yaitu sebagai hukuman pengganti bilamana hukuman adat yang dijatuhkan tidak diikuti oleh pihak terhukum dan penggantian yang dimaksud dianggap sepadan oleh hakim dengan besar kesalahan yang terhukum, bahwa, bilamana hukuman adat yang dijatuhkan itu menurut fikiran hakim melampaui padanya dengan hukuman kurungan atau denda yang dimaksud di atas, maka atas kesalahan terdakwa dapat dikenakan hukumannya pengganti setinggi 10 tahun penjara, dengan pengertian bahwa hukuman adat yang menurut faham hakim tidak selaras lagi dengan zaman senantiasa mesti diganti seperti tersebut di atas, dan bahwa suatu perbuatan yang menurut hukum yang hidup harus dianggap perbuatan pidana dan yang ada bandingnya dalam Kitab Hukum Pidana Sipil, maka dianggap diancam dengan hukuman yang sama dengan hukuman bandingnya yang paling mirip kepada perbuatan pidana itu.”


Pada perjalanan selanjutnya ternyata Indonesia tidak mampu membentuk undang-undang dasar baru. Dewan Konstituante hasil Pemilu 1955, yang diberi tugas menyusun undang-undang dasar baru tidak mampu menyelesaikan tugasnya secara cepat, sebagai akibat dari pertentangan kepentingan partai-partai, yang tidak pernah menemukan titik temu. Akhirnya pada tanggal 5 Juli 1959, Presiden Sukarno, melalui Dekrit Presiden menyatakan pembubaran Dewan Konstituante, penggunaan kembali Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak berlakunya Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Namun ketentuan dalam Pasal 5 ayat (3b) Undang-undang Darurat No. 1 Tahun 1951, dinyatakan tetap berlaku, walaupun ketentuan UUDS 1950 sudah tidak berlaku lagi.


Seiring dengan berlakunya kembali UUD 1945 (asli), maka berarti pula ketentuan yang mengatur tentang berlakunya asas legalitas dalam hukum Indonesia tidak ada lagi. Meskipun pada kenyataannya ketentuan peraturan perundang-undangan yang berada di bawah Undang-Undang Dasar 1945, tidak ada yang menyimpangi ketentuan asas legalitas dan non retroaktif. Hal ini dikarenakan UUD 1945 tidak secara tegas juga menyebutkan adanya ketentuan yang memperbolehkan penyimpangan terhadap asas legalitas dan non retroaktif.


Masa Orde Lama di bawah rezim Sukarno, banyak menawarkan konsep-konsep baru di luar UUD 1945, seperti halnya MANIPOL USDEK, NASAKOM, dan beberapa gagasan baru, yang boleh dikatakan menyimpang dari ketentuan undang-undang dasar. Pada akhirnya kekuasaan Sukarno tumbang, dan digantikan oleh rezim Orde Baru pimpinan Suharto, belajar dari pengalaman masa sebelumnya yang banyak melakukan penyimpangan terhadap konstitusi, maka tema besar pemerintahan Orde Baru adalah menjalankan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Akan tetapi terminologi secara murni dan konsekuen yang terlalu dipaksakan, akibatnya malah membuat undang-undang dasar terkesan kaku, UUD 1945 dianggap sebagai sesuatu yang sakral dan tidak boleh diganggu gugat. Perkembanganya UUD 1945 malah dijadikan dalih dalam melegalkan tindakan represifitas penguasa yang sewenang-wenang. UUD 1945 dijadikan alat untuk memupuk kekuatan ekonomi bagi sekelompok masyarakat tertentu. Model pembangunan rezim Suharto yang menganut ideologi developmentalism mensyaratkan adanya stabilitas politik dan keamanan yang kuat sebagai harga mati. Akibatnya memungkinakan rezim untuk mengabaikan hak-hak politik rakyat dan Hak Asasi Manusia. Di tingkat global, wacana globalisasi mulai diusung sejak pertengahan 80-an. Konsekuensi dari kemenangan kelompok kanan baru (new right) ini ialah, ditempatkannya isu demokratisasi pada bagian penting, dalam pergerakan modal internasional. Secara khusus, sistem kapitalisme negara yang dijalankan di Indonesia, tidak lagi efektif bagi perputaran modal. Kemudian muncullah tuntutan bagi rezim untuk membuka diri terhadap desakan liberalisasi politik dan ekonomi. Di beberapa belahan negara Dunia Ketiga, inilah awal dimulainya proyek redemokratisasi, yang ditandai oleh kejatuhan rezim-rezim otoriter. Akhirnya, pada 21 Mei 1998 rezim neo-fasis militer Orde Baru runtuh. Konsekuensi dari tumbangnya rezim Suharto adalah adanya upaya untuk mencapai sistem politik yang mengarah pada demokrasi subtansial.[2] Artinya bagaimana kemudian sistem demokrasi yang selama ini kita anut bisa mencapai substansi dari sistem demokrasi itu sendiri. Penyelenggaraan Pemilu 1999 menjadi proses penting dalam upaya tersebut.


Tidak ingin mengulangi pengalaman pahit dimasa yang lampau, yaitu munculnya penguasa despotis, yang melegitimasi dirinya dengan naskah-naskah suci konstitusi, segeralah muncul suara-suara untuk melakukan amandemen terhadap Undang-Undang Dasar 1945. Sidang amandemen pertama berhasil diputuskan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat pada tanggal 19 Oktober 1999. Selanjutnya berlangsung hingga empat kali proses amandemen. Rapat paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat guna memutuskan perubahan ke empat UUD 1945 berlangsung pada 10 Agustus 2002. Empat kali proses amandemen UUD 1945 membuat ketentuan pasal-pasal yang ada menjadi lebih rinci dan memberikan kepastian hukum.


Mengenai pencantuman asas legalitas dan prinsip non retroaktif, untuk lebih menjamin adanya kepastian hukum bagi warga negara, UUD 1945 pascaamandemen kembali memasukkan ketentuan tersebut dalam pasal-pasalnya. Ketentuan yang mengatur pengakuan terhadap asas legalitas dan prinsip non retroaktif diatur dalam BAB XA Tentang Hak Asasi Manusia Pasal 28 I ayat (1). Dengan masuknya ketentuan ini dalam Undang-Undang Dasar 1945, berarti UUD 1945 tidak memberikan peluang lagi untuk melakukan penyimpangan terhadap asas legalitas dan prinsip non retroaktif, karena sudah dengan jelas tersurat dalam pasal tersebut menyatakan “…, hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun.” Kata-kata yang tidak dapat dikurangi dalam keadaaan apapun memberikan penegasan bagi ketentuan pasal tersebut, bahwa konstitusi tidak lagi memberikan peluang bagi berlakunya suatu aturan yang menganut prinsip berlaku surut (retroaktif). Bambang Purnomo mengatakan, untuk melakukan penyimpangan asas legalitas dan memperlakukan suatu undang-undang berlaku surut harus dibuat suatu peraturan khusus yang mengatur hal tersebut, dan undang-undang dasar membolehkan untuk itu. Hal itu boleh dilakukan pun apabila keadaan kepentingan umum dibahayakan dan hanya terhadap perbuatan-perbuatan yang menurut sifatnya membahayakan kepentingan umum.

jenis- jenis browser

Browser, kata dasarnya adalah “browse” jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah melihat-lihat atau membaca-baca. Jadi browser merupakan suatu software/program yang dikhususkan untuk dapat mengakses dan melihat isi dari sebuah website yang kita akses di internet.
Jenis-jenis Browser
Selain itu browser lainnya adalah opera, netscape navigator/communicator, Arena, Lynx serta beberapa browser lainnya. Tiap-tiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang lebih unggul dalam hal tampilan yang serba 3 dimensi, ada juga yang lebih unggul dalam hal kecepatan akses, ada yang lebih unggul dalam masalah keamanan/proteksi dan dalam fasilitas-fasilitas lainnya.
Dari sekian banyak browser, ada beberapa kemiripan fungsi dan fasilitas yang diberikan. Diantaranya adalah :
Umumnya tiap browser menyediakan fasilitas “Address” yang berfungsi untuk mengetikkan alamat situs yang akan kita akses.
Umumnya mempunyai tombol-tombol : “Back” / “Previous” berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, “Forward” / “Next” berfungsi untuk maju ke ke halaman berikut yang sudah pernah diakses sebelumnya, “Refresh” / “Reload” berfungsi untuk mencoba ulang akses ke salah satu websit yang kita tuju, tombol “Stop” berfungsi untuk memberhentikan proses “loading” ketika membuka sebuah website.
Browser web atau penjelajah web ialah suatu paket perangkat lunak yang membolehkan seorang pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang dihost oleh server-server web. Browser yang populer termasuk Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Browser adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Kumpulan jaringan berisi dokumen tersambung yang terbesar dikenal sebagai World Wide Web
Jenis-jenis Web Browser
1.Browser berbasis Internet Explorer
Internet Explorer

Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk mengupdate Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.
Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. Versi 3.0 yang diluncurkan pada 17 Juni 2008 merupakan versi pertama yang mendukung antarmuka Bahasa Indonesia.
Lainnya :
-Avant Browser
-Crazy Browser
-iRider
-MSN Explorer
-Maxthon (sebelumnya bernama MyIE2)
-NeoPlanet
-NetCaptor
-Windows Explorer
-Tablane Browser

2.Browser berbasis GRML
-Pioneer Report MDI
-Tree MDI
-Bar Graph MDI

3.Browser berbasis KHTML
Konqueror
Konqueror adalah sebuah browser web untuk sistem operasi Linux berbasis KDE. Browser web ini adalah browser web standar pada Linux. Selain bisa digunakan unytuk menjelajah web, Konqueror ini juga dapat digunakan untuk menjelajah isi komputer dan juga bisa digunakan menjadi penampil dokumen universal. Selain mendukung fungsi standar itu, Konqueror juga mendukung tabbed browsing, shell, dan mendukung penampil identitas browser yang dapat diubah ke sejumlah besar nama browser, misalnya Mozilla Firefox, dan lain lain.
Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web default. Pada 11 Juni 2007, versi preview untuk Windows dari Safari diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.
Lainnya :
-ABrowse
-OmniWeb (4.5 and later)
-SkyKruzer
-Shiira

4.Browser lainnya
-Netscape Navigator
1.Netscape Navigator
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.
Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai versi 9 yang bisa diunduh gratis. Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser. Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer.
Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.
Lainnya:
-Oregano
-Amaya
-iCab
-NetPositive
-OmniWeb
-Dillo
-IBrowse
-AWeb
-Espial Escape
-HotJava
-Arachne
-Off By One
-Emacs/W3
-Grail
-My Kids
-Fast Browser Pro
-GoSuRF
-XANA Web Browser
-FastStone
-Freeware Browser (namanya memang freeware)
-32bit
-Cygsoft LDAP
-Ideal
-The Nubonyx
-Dimension

5.Berbasis Handphone
Doris Browser (untuk nokia 7650)
6.Berbasis teks
-Lynx
Lynx adalah salah seekor dari 17 jenis kucing liar yang berukuran sedang. Semuanya adalah anggota dari genus Lynx, namun ada banyak kekacauan tentang cara terbaik untuk menggolong-golongkan spesies felis di masa kini. Sebagian ahli menggolongkan mereka sebagai bagian dari genus Felis.
Lainnya :
-Links
-ELinks
-w3m
-Netrik

7.Browser lama yang tidak lagi dikembangkan
-WorldWideWeb
-Mosaic
-CyberDog
-Viola
8.Google Chrome
Google Chrome


Google Chrome Beta 2 di Windows XP, menampilkan Wikipedia











Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari


Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
C. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
D. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
E. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
1. Terhadap Kehidupan Bermasyarakat
Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
masyarakat informasi dengan cara berikut: Masyarakat Informatika adalah aplikasi teknologi informasi dan komunikasi untuk memungkinkan proses masyarakat dan pencapaian tujuan masyarakat yang mencakup pembagian digital di dalam maupun antar masyarakat. Masyarakat informatika muncul sebagai kerangka untuk mendekati Sistem Informasi secara sistematis dari perspektif masyarakat dan sejajar dengan Sistem Informasi Manajemen dalam pengembangan strategi dan teknik untuk manajemen penggunaan dan aplikasi sistem informasi masyarakat.
Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, dan Telecottage yang saat ini berada secara global.
Sebagai satu bidang akademik, masyarakat informatika mengambil sumber daya dan partisipan dari serangkaian latar belakang, termasuk Ilmu Komputer, Manajemen, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Perencanaan, Sosiologi, Pendidikan, Kebijakan Sosial, dan penelitian Pedesaan, Regional, dan Pembangunan.
Sebagai suatu praktik, masyarakat informatika merupakan kepentingan bagi mereka yang perhatian dengan Pengembangan Masyarakat dan Ekonomi Lokal di Negara Berkembang maupun Maju dan memiliki hubungan dekat dengan mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti Pembangunan Masyarakat, Pembangunan Ekonomi Masyarakat, Informatika Kesehatan Berbasis Masyarakat, Pendidikan Dewasa dan Lanjutan.
Masyarakat informatika adalah bagian dari struktur masyarakat di dunia yang muncul dan memiliki peran di sejumlah tingkat fundamental dalam masyarakat yang berkembang. Masyarakat informatika dapat dideskripsikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk praktik masyarakat, yang didefinisikan oleh Glen (1993) sebagai Penyampaian Layanan Masyarakat, dan Tindakan Masyarakat. Khususnya, Praktik Masyarakat semakin dianggap fundamental untuk masalah-masalah sosial karena masyarakat di suatu tempat menghadapi dunia perdagangan modern yang kurang menjadi subyek negara/ bangsa.
Komunikasi telah memainkan peranan penting dalam mengembangkan dan mempertahankan kesehjateraan masyarakat secara geografis sepanjang sejarah. Informatika Masyarakat adalah sebuah fenomena terkini pada masyarakat jaringan modern, dapat dilacak pada pemrakarsa komunikasi masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.Sejak permulaan, tujuan utama teknologi masyarakat adalah untuk menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi dan komunikasi untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat lokal (jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari kehidupan masyarakat).
PENYALAHGUNAAN INTERNET
Jika pemakaian internet disalah gunakan maka akan menimbulkan banyak kerugian kepada umat manusia. Kebutuhan dan penggunaan akan teknologi informasi yang diaplikasikan dengan internet dalam segala bidang seperti e-banking, e-commerce, e-government, e-education dan banyak lagi telah menjadi sesuatu yang lumrah. Internet telah menciptakan dunia baru yang dinamakan cyberspace yaitu sebuah dunia komunuikasi berbasis computer yang menawarkan realitas yang baru berbentuk virtual (tidak langsung dan tidak nyata).
erkembangan internet yang semakin hari semakin meningkat baik teknologi dan penggunaanya. Mempunyai banyak dampak baik positif maupun negative. Untuk yang bersifat positif, banyak manfaat dan kemudahan yang didapat dari teknologi ini, misalnya kita dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dengan e-banking, e-commerce juga membuat kita mudah melakukan pembelian maupun penjualan suatu barang tanpa mengenal tempat. Mencari referensi atau informasi mengenai ilmu pengetahuan juga bukan hal yang sulit dengan adanya e-library dan banyak lagi kemudahan yang didapatkan dengan perkembangan Internet.
Tentunya, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi Internet membawa dampak negatif yang tidak kalah banyak dengan manfaat yang ada. Internet membuat kejahatan yang semula bersifat konvensional seperti pengancaman, pencurian dan penipuan kini dapat dilakukan dengan menggunakan media komputer secara online dengan resiko tertangkap yang sangat kecil oleh individu maupun kelompok dengan akibat kerugian yang lebih besar baik untuk masyarakat maupun negara disamping menimbulkan kejahatan-kejahatan baru.
Banyaknya dampak negatif yang timbul dan berkembang, membuat suatu paradigma bahwa tidak ada komputer yang aman kecuali dipendam dalam tanah sedalam 100 meter dan tidak memiliki hubungan apapun juga. Seperti seorang hacker dapat masuk ke dalam suatu sistem jaringan perbankan untuk mencuri informasi nasabah yang terdapat di dalam server mengenai data base rekening bank tersebut, karena dengan adanya e-banking jaringan tersebut dapat dikatakan terbuka serta dapat diakses oleh siapa saja. Walaupun pencurian data yang dilakukan sering tidak dapat dibuktikan secara kasat mata karena tidak ada data yang hilang tetapi dapat diketahui telah diakses secara illegal dari sistem yang dijalankan.

Tidak kurang menghebohkannya adalah beredarnya gambar-gambar porno hubungan seksual/pornografi, misalnya antara seorang bintang sinetron Sukma Ayu dan Bjah, seorang penyanyi dari group band yang ternama. Gambar-gambar tersebut beredar secara luas di Internet baik melalui e-mail maupun dalam tampilan website yang dapat disaksikan oleh siapa saja secara bebas.

Alasan bangsa Eropa datang ke Indonesia

Sejak awal tarikh masehi, Indonesia dikenal sebagai sumber penghasil rempah-rempah yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa sebagai obat, pengawet makanan, dan bumbu masakan. Orang Eropa biasa membeli rempah-rempah dari pedagang perantara Asia Barat, sehingga harga rempah di Eropa pun sangat mahal. Sehingga mereka mempunyai inisiatif untuk mencarinya langsung dari sumbernya. Tujuan awal Eropa datang ke Indonesia hanya untuk memperoleh rempah-rempah langsung dari sumbernya.
Ternyata tujuan itu berkembang menjadi tujuan lain, yaitu untuk menguasai indonesia yang tujuannya :
Agar dapat menguasai perdagangan rempah-rempah langsung dari daerah sumbernya.dengan cara penerapan monopoli perdagangan.
Menguasai wilayah srtategis untuk perdagangan dan basis militer.
Mengeruk sebanyak mungkin kekayaan sumber daya alam suatu wilayah.
Ikut campur tangan dalam urusan politik suatu wilayah.

Bangsa Portugis

Ekspedisi Portugis ke Hindia Timur berlangsung atas dukungan pemerintah yang dilatar belakangi oleh persaingan dengan spanyol. Mereka sama-sama berhasil menguasai wilayah baru di dunia.Pelaut Portugis telah lebih dulu mencoba mencari jalan ke Hindia Timur sebagai pusat penghasil rempah-rempah.

Bartolomeus Diaz tahun 1468 berlayar menyusuri pantai Afrika dengan tujuan India, tetapi gagal mencapainya. Iapun berhasil menemukan jalur baru ke Hindia Timur melalui pantai Afrika Selatan lalu ke Samudera Hindia dan menyebutnya (Tanjung Topan,kemudian diganti menjadi Tanjung Harapan baik Cape of Good Hope).

Ekspedisi Hindia Timur dibawah pimpinan Vasco dan Gama menempuh jalur yang ditemukan oleh Bartolomeus Diaz. Dipantai timur Afrika, Vasco dan Gama bertemu pedagang islam. Atas petunjuk mereka, Portugis mencapai kalikut di pantai Barat India dan mereka mendapat rempah-rempah dan membelinya untuk dibawa ke Eropa.

Bangsa Portugis, yang terlebih dahulu datang ke Indonesia sebelum Belanda, selain di Malakka, memusatkan perhatian mereka di kepulauan Maluku, yang kaya akan rempah-rempah –komoditi langka dan sangat mahal di Eropa. Setelah dapat mematahkan perlawanan rakyat Maluku tahun 1511, Portugis menguasai perdagangan rempah-rempah di kepulauan Maluku selama sekitar 100 tahun ditangan Alfonso d'Burquorque.

1512 rombongan portugis datang ke Maluku dan diterima baik oleh kerajaan Ternate dan diperkenankan mendirikan benteng di Ternate yang dimanfaatkan untuk menghadapi ancaman dari kerjaan lain. Sultan Ternate meminta dukungan Portugis secara militer dalam menghadapi persaingan dengan Tidore. Pihak Portugis menyetujuinya, dan ia meminta hak monopoli perdagangan rempah di Ternate yang mengakibatkan petani rempah-rempah tertindas. Sehingga tidak dapat menjualnya dengan bebas dan menjualnya dengan harga rempah yang rendah yang telah ditentukan oleh Portugis, sehingga petani banyak dirugikan, serta timbulnya kesengsaraan dan kemelaratan bagi petani.

Disamudera Pasai memperoleh izin mendirikan benteng di tepi sungai dan hak berdagang lada. Di Minangkabau, memperoleh keuntungan jual beli lada. Di Pakuan Pajajaran, memperoleh hak dagang rempah di sunda kelapa, tapi digagalkan oleh Fatahillah di Demak. Pada abad ke16 Malaka merupakan bandar dagang yang terkenal di Asia. Portugis pun memperoleh empat keuntungan menguasai Malaka, yaitu :

1.Portugis menguasai jalur perdagangan penting di Asia, termasuk perdagangan rempah-rempah.
2.Malaka dapat dijadikan batu loncatan untuk menguasai perdagangan rempah di Maluku. Oleh karena iti Portugis membangun basis militer yang kuat di Malaka.
3.Portugis mengambil keuntungan dari perselisihan dan persaingan daerah untuk memperkuat
kedudukannya
Contoh : 1. Hitu bersengketa dengan Seram. Pertugis membantu Hitu.
2. Ternate bersaing dengan Tidore. Portugis memihak Ternate. Sebagai imbalan Portugis
mendapat ijin monopoli rempah-rempah
4. Melaksanakan monopoli perdagangan rempah-rempah.
Cara : perbentengan monopoli rempah

Bangsa Spanyol

Ekspedisi Spanyol juga disponsori oleh Pemerintah kerajaan. Christopher Columbus berlayar lebih dari 2 bulan mengarungi Samudera Atlantik dan sampai di kepulauan Bahama Karibia. Karena mengira sudah sampai India, penduduk asli benua Amerika disebut suku Indian, kekeliruan itu menghasilkan sebutan Hindia Barat untuk Amerika.

Fernando de Magelhaens dan Juan de Sebastian del Cario alias Ferdinand de Magellan ia mengambil kesimpulan bahwa Hindia Timur dapat dicapai dari arah barat melalui ujung selatan Benua Amerika dan Samudera Pasifik. Ia memulai pelayaran pada bulan Agustus 1519. selama 2 tahun ia tiba dikepulauan Filipina dan mendirikan tugu peringatan dan menyatakan daerah itu sebagai daerah milik raja Spanyol.

Pelayaran di lanjutkan oleh Sebastian De Elcano 1521. Dua kapal ekspedisi Spanyol sampai diMaluku. Ketika itu, Maluku sedang terjadi persaingan antara Ternate dan Tidore. Guna mengimbangi kekuatan Ternate yang didukung Portugis, Spanyol mendukung Tidore. Karena kalah kuat, persekutuan Tidore dan Spanyol dapat di lumpuhkan. Sejak tahun 1534, Tidak ada lagi ekspedisi Spanyol ke Indonesia. Berdasarkan perjanjian Tordesilas : Kawasan Indonesia hanya boleh di jelajahi oleh Portugis, Sedangkan Spanyol hanya sampai di Filipina.

Bangsa Inggris

Ekspedisi Inggris di sponsori oleh persekutuan dagang East Indian Company (EIC) yang merupakan gabungan para pengusaha london. Tahun 1600 EIC memperoleh hak khusus dari pemerintah Inggris untuk menangani perdagangan di Asia. Sehingga memiliki wewenang penuh atas monopoli perdagangan Asia, sehingga dapat menggariskan kebijakannya sendiri.

Abad ke 16 EIC mengadakan hubungan di Indonesia, seperti Aceh, Jayakarta, Banjar, Gowa, dan Maluku. Karena ketidak mampuannya Inggris bersaing dengan Belanda. Dengan kekuatan militer dan kemampuannya mempengaruhi penguasa setempat, armada dagang Belanda membuat Inggris perlahan-lahan tersingkir dari kawasan perdagangan di Indonesia.

Tetapi EIC berhasil menanamkan pengaruhnya dalam perdagangan Asia. 1612 EIC dapat mengusir Portugis dari India dan Inggris pun membangun kota dagang, Madras, Kalkuta, Bombay. Yang terletak pada jalur lalu lintas perdagangan mancanegara. Dengan mengusai India, EIC memegang kendali perdagangan di Teluk Persia, Asia Selatan dan Asaia Timur.



Bangsa Belanda

Belanda datang ke Nusantara karena pedagang Belanda dilarang berdagang dengan Portugis. Pedagang Belanda terancam kehilangan mata pencaharian. Tujuan bangsa belanda adalah berdagang rempah2. untuk melancarkan usahanya maka dibentuk voc tahun 1602.
Latar belakang bangsa Belanda datang ke Indonesia adalah sebagai berikut :

Meletusnya perang 80 tahun antara Belanda dan Spanyol 1568-1648. Pada awalnya, bersifat agama. Karena Belanda mayoritas beragama kristen Protestan dan Spanyol kristen katolik. Sehingga berkembang menjadi perang ekonomi dan politik. Raja Philip II dari Spanyol memerintahkan kota Lisabon tertutup bagi kapal Belanda pada tahun 1585. Portugis menaati perintah tersebut sebab Portugid telah diduduki Spanyol.
Adanya petunjuk jalan ke Indonesia dari Jan Huygen van Linscoten, mantan pelaut Belanda yang bekerja pada Portugis dan pernah sampai ke Indonesia.

Ekspedisi pertama ke Indonesia dipimpin oleh Jacob Van Neck. Merka berusaha sampai Indonesia melewati jalur kutub utara untuk menghindari hadangan armada Spanyol dan Portugis, Namun gagal.
Pada tahun 1595, ekjspedisi dilanjutkan dibawah pimpinan Cornelis de Houtman dan Pieter de Kaizer melalui lautan Atlantik dan masuk melalui Selat Malaka.

Tahun 1596 empat kapal Belanda debawah pimpinan Cornelis de Houtman tiba di Banten. Mereka di sambut dengan tangan terbuka. Bagi Banten semakin banyak kapal berlabuh semakin banyak keuangan kerajaan. Banten merupakan pusat perdagangan lada putih.

Persaingan dagang tinggi karena banyak pedagang Eropa yang datang di Nusantara. Persaingan juga terjadi antar pedagang Belanda. Karena itu Belanda mendirikan : VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie).
Tujuan VOC : Menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia.
Hak istimewa VOC/ hak octroi dari Belanda : Boleh membentuk tentara dan mendirikan benteng - Boleh berperang,berdamai,dan mengadakan perjanjian dengan raja-raja di negeri asing - Boleh memberhentikan pegawai dari pangkat terendah sampai Gubernur Jenderal - Mempunyai hak monopoli - Boleh membuat mata uang sendiri - hak untuk mengadakan perjanjian dengan raja2 indonesia .
Tujuan VOC untuk menguasai perdagangan rempah-rempah semakin jelas ketika VOC dikepalai oleh Gubernur Jan Pieter Zoen Coen pada tahun 1603. Dan untuk menyaingi kongsi2 dagang lainnya, untuk menyaingi pedagang2 belanda lain, untuk meningkatkan keuangan Negara, untuk memonopoli perdagangan rempah2. VOC berusaha meraih keuntungan dari Indonesia dengan cara : - Pelayaran Hongi (Hongi Tockten) Pelayaran untuk mencegah pelanggaran monopoli rnmpah-rempah di Maluku - Eksterpasi Penebangan tanaman rempah-rempah supaya harga stabil - Tanam Paksa - Pajak kepala - Devide at Impera.

upaya2 voc untuk menguasai perdangangan :
-memonopoli perdagangan
-hongi tochen (mengawasi para pedagang maluku agar tidak menjual rempah2 ke pedagang lain)
-ekstipasi ( menebang tanaman rempah2 milik rakyat agar tidak berlebihan)
-contingenten ( rakyat wajib membayar pajak berupa hasil bumi)
-verplichte leverentie (rakyat wajib membayar pajak berupa hasil bumi di wilayah yang tidak dikuasai oleh voc
-pleanger stelsel (kewajiban rakyat menanam kopi)

Sejarah Tari Randai

Randai dalam sejarah Minangkabau Konon kabarnya ia sempat dimainkan oleh masyarakat Pariangan Padang Panjang ketika mesyarakat tersebut berhasil menangkap rusa yang keluar dari laut. Randai di Minangkabau suatu kesenian yang dimainkan oleh beberapa orang, berkelompok atau beregu, dimana dalam randai ini ada cerita yang dibawakan, seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya.
pemeran utama berjumlah satu orang, dua orang, tiga orang atau lebih tergantung dari cerita yang dibawakan, dan dalam membawakan atau memerankannya pemeran utama dilingkari oleh anggota-anggota lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlansungnya acara tersebut.
Sekarang ini Randai merupakan sesuatu yang asing bagi pemuda-pemudi Minangkabau, hal ini dikarenakan bergesernya orientasi kesenian atau kegemaran dari generasi tersebut. Randai terdapat di Pasisie dan daerah Darek (daratan).
Pada awalnya Randai adalah media untuk menyampaikan kaba atau cerita rakyat melalui gurindam atau syair yang didendangkan dan galombang (tari) yang bersumber dari gerakan-gerakan silat Minangkabau. namun dalam perkembangannya Randai mengadopsi gaya penokohan dan dialog dalam sandiwara-sandiwara modern, seperti kelompok Dardanela dan Tonil pada awal abad ke 20.
Jadi, Randai adalah media untuk menyampaikan cerita-cerita rakyat, dan kurang tepat jika Randai disebut sebagai Teater tradisi Minangkabau walaupun dalam perkembangannya Randai mengadopsi gaya bercerita atau dialog teater atau sandiwara.
"Sebelum randai menjadi teater berkembang saat ini, dulunya adalah tari randai. Tari randai dipelihara di perguruan silat yang mengajarkan Ulua Ambek terutama di daerah pesisir (Padang Pariaman). Tak heran tari-tari Minang kontemporer dewasa ini, ada yang pola gerak dan pola dialog seperti randai.

Fungsi Tari Randai

Sebagai hiburan masyarakat biasanya yang diadakan pada saat pesta rakyat atau pada hari raya Idul Fitri.
Untuk mempertebal rasa ketradisian juga memberi kesempurnaan terhadap adat istiadat Minangkabau itu sendiri, Sarana Aspirasi dan Media Informasi.
Unsur Estetis dan Keunikan Tari Randai

Randai berasal dari perkataan merandai berarti mengarang atau melingkar suatu kawasan lapang untuk mencari sesuatu yang hilang. Terdapat pelbagai versi sebenarnya tentang asal usul randai ini. Struktur persembahan randai berkonsepkan gerak tari silat diselangi nyanyian berunsur lagu rakyat serta diiringi muzik caklempong, rebana, salung dan gong. Randai sering di persembahkan pada pesta menuai padi, upacara perkahwinan dan adat istiadat lain.

Disaksikan ratusan pasang mata, 12 muda-mudi berpakaian tradisional Minangkabau membentuk lingkaran di tengah arena. Lima pemain lain, duduk di pinggir arena. Para pemain randai (anak randai) bergerak melingkar dan sering melakukan gelombang randai secara serempak, yang bersumber pada gerakan-gerakan silat atau seni pencak silat.
"Hep... ta...," terdengar teriakan seorang di antaranya (tukang gore), dibarengi dengan tapuak galembong (menepuk celana) yang bunyinya tingkah-meningkah. Setiap anak randai punya gaya sendiri dalam gerak dan menepuk celana yang didesain khusus-mempunyai pisak yang dalam, sehingga menghasilkan bunyi beragam waktu ditepuk, tapi serempak. "Hep...ta... Dugudung-dak-dik-dung." Cerita yang diangkat dari kaba Kasiah Putuih Dandam Tak Sudah (Kasih Putus Dendam Tak Sudah) pun dimulai, terjadi dialog dan akting. Kemudian diikuti saluang dan dendang (nyanyian), biola, kayat, kerincingan dan calti.

Penampilan anak randai penuh pesona dan seru. Tontonan sekitar tiga jam itu sering membuat penonton (segala usia; dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga kakek-nenek) tertawa riang. Dialog jeda sejenak, anak randai kembali ber-hepta-hepti diiringi cerita yang didendangkan (gurindam) dan diiringi saluang. Cerita bergulir, mengisahkan anak gadis (Sari Banilai) menolak keinginan orangtuanya (Datuk Tumanggung Tuo) untuk dinikahkan dengan bako-kemenakan Datuk Tumanggung Tuo-bernama Malendo Alam.

Oleh mamaknya, Lelo Manjo, Sari Banilai dinikahkan dengan bekas teman sekolahnya, Rambun Sati. Dendam Datuk Tumanggung Kayo dan kemenakannya Malendo Alam pun bergejolak. Ketika Sari Banilai pindah ke Kota Medan, rumah yang ditinggalkannya dibakar oleh Malendo Alam. Keinginan ayak/mamak untuk menyelamatkan "Sako dan Pusako" lenyap sudah, karena mengikuti kehendak hawa nafsu.
kesenian randai tak kalah hebat dan mengagumkan dengan tarian lainnya. Yang menarik dan mengagumkan, perwatakan tokoh dalam penampilan randai tidak diungkapkan melalui tata rias, tetapi disampaikan lewat dendang (gurindam). Kemudian, yang menjadi musik selain tepuk galembong, juga tepuk tangan, tepuk kaki, tepuk siku, petikan jari, hentakan kaki, dan teriakan-teriakan "hep... ta...ti... hai" oleh tukang gore, dan nyanyian atau dendang yang dilakukan oleh para pemain sambil melakukan gerakan-gerakan galembong.

kesenian randai sebagai teater rakyat di Minangkabau cukup diminati berbagai kalangan. Ini sering ditampilkan pada acara-acara seperti pesta panen, helat perkawinan, helat batagak penghulu, dan pesta-pesta rakyat lainnya.
Ia menambahkan, jika kita melihat unsur utama dalam randai, misalnya tarian randai yang disebut bagalombang, pada randai-randai yang lebih klasik pada umumnya adalah gerak silat atau pencak silat yang diolah secara kreatif, dan diiringi dengan lagu-lagu dendang yang memang banyak sekali terdapat di dalam masyarakat Minangkabau, karena merupakan bagian dari tradisi seni budaya musik seperti saluang dan dendang, atau seni tutur seperti bakaba, barabab, dan basijobang.

"Karena kebudayaan Minangkabau adalah kebudayaan yang dinamis, terbuka terhadap inovasi, maka perkembangan randai dewasa ini cukup beragam. Ada unsur-unsur gerak dan musik baru yang diadaptasi ke dalam randai, yang umumnya berasal dari lagu-lagu melayu (joget), bahkan juga dari musik dangdut. Idiom-idiom baru ini antara lain diadaptasi untuk membuat pertunjukkan randai tetap relevan dengan perkembangan masyarakat dan zamannya.

Semasa Orde Baru berkuasa kesenian randai nyaris tenggelam, setelah pemerintahan nagari digantikan oleh pemerintahan desa. Kini, dengan kembalinya ke sistem pemerintahan nagari, kesenian randai kembali tumbuh. Setiap nagari memiliki sedikitnya 10 grup randai.

Hal lain yang menarik dari tradisi randai adalah, semangat kolektif dan partisipasi masyarakat pendukung tradisi tersebut. Organisasi dan manajemen pengelolaan randai bertumpu kepada semangat kebersamaan tersebut. Lingkungan masyarakat tempat randai tersebut tumbuh, merasa berkewajiban memelihara dan mengembangkannya. Tanpa dukungan mereka -termasuk finansial- tak mungkin randai bisa berkembang. Sampai kini kegiatan pertunjukan lebih bersifat sosial, kecuali ada perubahan pola organisasi pada pemilikan kelompok atau individu yang sudah mulai ada sekarang ini.
Uniknya saat randai di mainkan pemain bisa berinteraksi langsung dengan meminta syair dan pantun pilihan asalkan meletakkan uang di tengah-tengah lingkaran pemain.

Seni Tari

Seni Tari adalah gerak indah dan berirama yang mengandung dua unsur penting: gerak dan irama. Gerak merupakan gejala primer dan juga bentuk spontan dari kehendak yang terdapat di dalam jiwa. sementara irama adalah bunyi teratur yang mengiringi gerak tersebut. Gerak tarian biasanya diinspirasikan dari pengalaman hidup sehari-hari. Oleh karena itu, gerak ini memiliki muatan emosional yang tinggi. Sebuah tarian terkadang diiringi pula dengan nyanyian yang sesuai dengan makna dan tujuan tarian itu.
Tarian yang berkembang dalam kebudayaan Melayu mengandung aspek gerak, irama dan nyanyian ini, biasanya dipertunjukkan dalam upacara adat, upacara ritual, keberhasilan panen, menyambut tamu-tamu penting ataupun sekedar untuk mempererat pergaulan dan meramaikan peristiwa penting, seperti pesta pernikahan. Dalam portal ini, seni tari Melayu dibagi menjadi dua, berdasarkan fase historis dan profanitas. Berdasarkan kategori pertama, ada tari tradisional-klasik dan modern-kontemporer, berdasarkan kategori kedua, ada tari ritual-keagamaan dan tari biasa.

Contoh dari Tari Upacara
Tari Dewa Memanah
Tarian Kutai yang ditarikan oleh kepala Ponggawa dengan menggunakan sebuah busur dan anak panah yang berujung lima. Ponggawa mengelilingi tempat pelaksanaan upacara sambil mengayunkan panah dan busurnya ke atas dan ke bawah, disertai pula dengan bememang (membaca mantra) yang isinya meminta pada dewa agar dewa-dewa mengusir roh-roh jahat, dan meminta ketentraman, kesuburan, kesejahteraan untuk rakyat.
Tari Hudoq
Tari ini ditarikan dengan menggunakan topeng kayu yang menyerupai binatang buas, serta daun pisang atau daun kelapa sebagai penutup tubuh penari. Tarian ini erat hubungannya dengan upacara keagamaan. Tari Hudoq dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman, dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak.
Tari Hudoq Kita`
Untuk upacara menyambut tahun tanam maupun untuk menyampaikan rasa terima kasih pada dewa yang telah memberikan hasil panen yang baik. Kostumnya baju lengan panjang dari kain biasa dan memakai kain sarung. topengnya berbentuk wajah manusia biasa yang banyak dihiasi ukiran khas Dayak Kenyah. Ada dua jenis topeng dalam tari, yakni: terbuat dari kayu dan berupa cadar, terbuat dari manik-manik ornamen dayak kenyah.


Contoh dari Tari Hiburan atau tari pergaulan

Tari Bines

Tarian adat suku Gayo, Aceh Tengah, ditarikan oleh para gadis Linge dengan pakaian adat Gayo. Tarian untuk menyambut tamu penting dalam adat dan budaya Gayo. dipertunjukkan diacara peresmian Umah Pitu Ruang Reje Linge, bekas komplek kerajaan Linge, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.
Tari Datun
Tarian yang dibawa oleh sekelompok gadis suku Dayak Kenyah dengan jumlah antara 10 hingga 20 orang. yang diciptakan oleh seorang kepala suku Dayak Kenyah di Apo Kayan yang bernama Nyik Selung, sebagai tanda syukur, kegembiraan atas kelahiran seorang cucunya.
Tari kanjar
Yang ditarikan oleh pria dan wanita, gerakannya sedikit lebih lincah. Komposisi tariannya lebih bebas dan tidak ketat dengan suatu pola khusus, sehingga tarian ini disamakan dengan tari pergaulan. penyajiannya didahului oleh tari persembahan, karena untuk menghormati tamu dan termasuk sebagai tari pergaulan.
Tari persembahan
ditarikan wanita Kutai Kartanegara, namun akhirnya boleh ditarikan siapa saja dengan jumlah penari tidak terbatas, makin banyak penarinya dianggap makin bagus. diiringi musik gamelan ini khusus dipersembahkan kepada tamu yang berkunjung ke Kutai dalam suatu upacara resmi.


Contoh dari Tari Pertunjukan
Tari ganjur
Tarian pria istana Kutai, ditarikan berpasangan menggunakan alat yang bernama Ganjur (gada terbuat dari kain, memiliki tangkai untuk memegang). Diiringi musik gamelan, ditarikan pada upacara penobatan raja, pesta perkawinan, penyambutan tamu kerajaan, kelahiran dan khitanan keluarga kerajaan. banyak mendapat pengaruh dari unsur-unsur gerak tari jawa (gaya yogya dan solo).

Tari Kancet Papatai
Tarian yang menceritakan tentang seorang pahlawan Dayak Kenyah berperang melawan musuhnya. Gerakannya sangat lincah, gesit, penuh semangat dan kadang-kadang diikuti oleh pekikan si penari. Dan penaripun menggunakan pakaian tradisional suku Dayak Kenyah lengkap dengan perlatan perang seperti mandau, perisai dan baju perang. Diiring dengan lagu Sak Paku dan hanya menggunakan alat musik Sampe.
Tari Piring
Tari Piring Sumatra Barat. penari menggunakan piring sebagai alat utama untuk menari. Penari meletakkan piring di kedua telapak tangannya dan kemudian membawanya menari dengan gerakan-gerakan yang khas, enerjik, dan dinamis. Atraksi paling memikat ketika penari menari, melompat, dan bahkan berguling di atas pecahan kaca tanpa alas kaki. Ajaibnya, penari tidak terluka sedikit pun. Diiringi musik tradisional , seperti talempong, saluang, dan bansi. digelar setelah musim panen, sebagai ekspresi syukur Dewi Padi atas penganugerahan hasil panen melimpah. Ketika Islam masuk, fungsinya menjadi media hiburan semata. dan sering tampil diacara khusus, pesta adat, pesta pernikahan, pameran/promosi daerah, festival kebudayaan, dan penyambutan tamu kehormatan.
Tari Jaipong
Jaipongan dikenal masyarakat adalah tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong” keduanya jenis tari putri berpasangan (putra dan putri). tari ini popular dan mulai meningkat frekuensi pertunjukkannya baik di media televisi, hajatan, maupun perayaan-perayaan yang disenggelarakan oleh pemerintah atau oleh pihak swasta.
Jaipongan gaya “Kaleran” memiliki ciri khas keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas, dan kesederhanaan. Hal itu tercermin dalam pola penyajian tari pertunjukannya, yang diberi pola (Ibing Pola) pada seni Jaipongan di Bandung, tarian yang tidak dipola (Ibing Saka), misalnya Jaipongan Subang dan Karawang. Istilah ini dapat kita temui pada Jaipongan gaya kaleran, terutama di daerah Subang.


Contoh dari Tari Kreasi Baru
Tari Kancet Ledo
Tari yang menggambarkan kelemah-lembutan gadis bagai sebatang padi yang meliuk-liuk lembut ditiup angin. dibawakan oleh seorang wanita dengan memakai pakaian tradisional suku Dayak Kenyah, kedua belah tangannya memegang rangkaian bulu-bulu ekor burung Enggang. Ditarikan di atas gong, dan disebut juga tari gong.



Tari Kancet Lasan
Tari yang menggambarkan kehidupan harian burung Enggang, burung yang dimuliakan suku Dayak Kenyah dianggap tanda keagungan, kepahlawanan. penari mempergunakan posisi merendah, jongkok atau duduk dengan lutut menyentuh lantai. lebih ditekankan pada gerak burung enggang ketika terbang melayang dan hinggap bertengger di dahan pohon.
Tari Jepen
Kesenian popular rakyat menetap di pesisir sungai Mahakam daerah pantai. ditarikan berpasang, turut ditarikan secara tunggal. seperti tari zapin yang dikenal luas masyarakat Melayu di nusantara. diiringi nyanyian, irama musik khas Kutai “Tingkilan gambus(gitar berdawai 6),ketipung(kendang kecil). dikembangkan dalam tarian kreasi baru: tari jepen tungku, tari jepen gelombang, tari jepen 29, sidabil, tali.
Tari Pajaga Andi
Tari Bone menggambarkan penobatan putra-putri Bangsawan Bugis Bone oleh Arungpone zaman raja, dipertunjukkan dalam Saoraja Istana Raja Bone. Gerakan terbagi menjadi 5: makkasiwiang (penobatan), akkalabbirang (penghargaan Raja), soro passapu (istiadat bangsawan), mappasoro ajangang (mengakhiri tarian), massimang (mohon diri). Kostum, perhiasan: baju tokko(baju bodo), sarung, bangkara(anting), rante(kalung), potto(gelang), mastura(kalung kecil), dan saloko(hiasan rambut). Alat peraga: kipas, selendang. Diiringi gendang, gong, parappasa, kancing dan bancing.

Tari Pendet
Tari yang Melambangkan penyambutan turun nya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman,seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Pendet dapat ditarikan semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis. dibawakan berkelompok, berpasangan. tampil setelah tari Rejang di halaman pura. menghadap ke arah suci (pelinggih) mengenakan pakaian upacara dan membawa sangku, kendi, cawan dan perlengkapan sesajen lain. sifatnya feminin, menuntut gerakan lemah gemulai seperti tarian Sanghyang Dedari, tari Rejang, Sutri dan tari Gabor. Tarian Bali yang dipentaskan untuk keperluan upacara keagamaan disebut tarian wali, pementasan di luar pura disebut balih-balihan.

Inspiring Words

Rasa ingin memiliki adalah fitrah yang ada pada diri manusia. Kita ingin memiliki sesuatu di luar diri kita karena kita merasa membutuhkannya. Kebutuhan menggerakan manusia untuk melakukan suatu pekerjaan/amal, sehinnga kehidupan di dunia ini enjadi dinamis.

Namun rasa ingin meiliki yang ada dalam diri kita dapat membuat kita merasa terkekang dan tersiksa.Korupsi, berbuat curang, mencontek, membajak karya orang, manipulasi dan masih banyak tingkah laku sejenis lainnya yang dengan atau tanpa sadar telah, sedang atau akan kita lakukan. Padahal kita adalah muslim yang mengerjakan shalat.

Kenapa shalat kita tidak mengurangi mental pencuri yang ada dalam diri kita? Bukankah tingkah laku mencuri bertentangan dengan nilai-nilai islam yang kita anut? Maka sebenarnya kita telah menipu diri kita sendiri, melakukan sesuatu yang kita tahu salah.

"Saat itulah hati kita mantap bahwa kita akan berhadapan, berdialog, memuja dan meminta kepada pencipta, diri kita dan penguasa rohani, jasmani dan kehidupan kita secara total”.

Inspirasi Pribadi Sukses Ada orang yang supel dalam bergaul, pintar bercerita, selalu menjadi perhatian seseorang apabila ada di dalam kelompok mereka tetapi di sisi lain dia lemah dalam bidang olahraga. Namun ada juga yang sulit atau kaku bergaul dengan orang lain, cepat marah apabila menghadapi persoalan tetapi mampu memecahkan soal matematika yang kompleks.

Artinya setiap orang mempunyai keunikan tersendiri, kelemahan dan kelebihan yang di milikinya tidak akan sama persis dengan orang lain. Seperti apakah keunikan (kelebihan/kekurangan) yang khas ada dalam diri kita masing-masing? Di tahun 4000 SM, seorang ilmuwan yang bernama Hippocrates menemukan teori kalau manusia itu memiliki empat dasar watak yang utama.

Dalam teorinya itu ditemukan bahwa manusia itu masing-masing memiliki empat kelompok watak yang istimewa dan juga tentunya berikut kekurangannya.

Sikap perilaku menunjukan: antusias dan ekspresif, periang dan penuh semangat, senang berhubungan dengan orang lain, tampil baik, penuh rasa ingin tahu, suka berbicara, optimis, menghidupkan suasana, rasa humor yang hebat, ingatan kuat pada warna, bias memukau orang yang mendengar bicaranya, lugu dan polos, emosional, mudah berubah pendirian, berhati tulus, selalu kekanak-kanakan.

Dalam mengerjakan sesuatu: suka membantu, kreatif dan inovatif, punya energi dan selalu antusias, mulai dengan cara cemerlang, mengilhami orang lain untuk ikut, mempesona orang lain untuk bekerja. Sebagai teman: gaul, mencintai orang, suka dipuji, tampak menyenangkan, bisa bikin orang iri dan ingin menjadi dia, bukan pendendam, cepat minta maaf, paling tidak suka suasana yang membosankan, suka kegiatan yang spontan.

Sikap perilaku menunjukan: suka menarik diri dari keramaian, pemikir, mudah pesimis kalau melihat tantangan, suka menganalisa, serius dan tekun kalau mengerjakan sesuatau, cenderung genius, berbakat dan kreatif, suka seni, puitis, senang keindahan, peka perasaannya, suka berkorban,

Dalam mengerjakan sesuatu: berpatokan pada jadwal, suka hasil yang sempurna, teliti dalam melakukan sesuatu, gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi, teratur dan rapi, ekonomis, bias memecahkan masalah secara kreatif, suka diagram, grafik, bagan, atau daftar. Sebagai teman: hati-hati dalam berteman, nggak pede jadi orang yang menonjol, setia, mau mendengarkan keluhan, bias memecahkan masalah orang lain, suka memperhatikan orang lain, mudh terharu.

Sikap perilaku menunjukan: suka menjadi orang menonjol, optimis, berbakat pemimpin, bergerak aktif, suka perubahan, harus memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, bias menjalankan apa saja.

Dalam mengerjakan sesuatu: lebih memikirkan target atau keuntungan yang dicapai, bekerja dengan terorganisasi, mencari pemecahan masalah yang mudah, bergerak cepat saat bertindak, mendelegasikan pekerjaan, menyukai kegiatan yang aktif, lebih termotivasi kalau ada saingan. Sebagai teman: tidak terlalu perlu teman, mau bekerja keras kalau ada tugas, suka menjadi pemimpin, cenderung merasa menjadi orang yang benar, bias menjadi orang yang diandalkan dalam melaksanakan tugas.

Sikap perilaku menunjukan: pecinta damai, nggak suka menonjlkan diri, rendah hati, mudah bergaul dan santai, cenderung pendiam, tenang, sabar, suka hal yang nggak berubah, tenang tapi cerdas, simpatik dan baik hati, pintar menyembunyikan dan meredam emosi, bahagia menerima kehidupan.

Dalam mengerjakan sesuatu: cakap dan mantap dalam melaksanakan tugasnya, mudah sepakat dengan keputusan, cinta damai, punya kemampuan membuat hal, terlihat teratur, menjadi penengah masalah, lebih memilih menghindari konflik, bisa menemukan cara yang mudah dalam mengerjakan tugas, simple. Sebagai teman: mudah diajak bergaul, menyenangkan, yidak suka menyinggung perasaan teman, menjadi pendengar yang baik, suka memperhatikan orang, punya banyak teman, punya belas kasihan dan perhatian.
  • Cinta tulus i2 gag selalu menerima, pi kan selalu memberi bibit cinta dan kasih sayang.
  • Sebuah k’salahan akan berhenti menjadi k’salahan bila q-ta menggunakan’y u/ menjadikan pribadi yg lebih baik.
  • Janganlah larut dalam kesedihan, raihlah cintamu dgn hatimu bukan dgn em0simu.
  • Jadilah bukti terdekat indah’y dunia.
  • Tanpa memikirkan kehidupan yg lebih baik d’masa depan, maka q-ta akan k’hilangan semangat untuk menjalani k’hidupan sepenuhnya.
  • Bila qm Khawatir, maka khawatirkan kebaikan orang lain, jika qm berpikir maka pikirkanlah kebaikan orang lain juga.
  • Sahabat bukan MTK yg dpt d’hitung dgn nilai’y, Sahabat bukan EKONOMI yg mengharap materi, Sahabat bukan PPKN yg ada undang2’y tetapi sahabat merupakan sejarah yg dpt d’kenang.
  • Gunakanlah k’ikhlasan sbg k’ikhlasan k’kuatan pekerjaan dan k’berserahan sbg k’kuatan dari penantian.
  • Pertegaslah k’tegasan pada yg anda kehendaki u/ tumbuh.
    Cinta terasa nikmat jika mendapat pengakuan, namun p’pisahan hanya meninggalkan kenangan.
  • Tanpa m’mikirkan k’hidupan yg lebih baik d’masa depan maka q-ta akan k’hilangan k’tertarikan u/ hidup sepenuh’y.
  • Kunci u/ jadi DREAM MAKER adalah Turuti kata hati kecil-mu kelak akan membawa k’baikan u/mu.
  • Sahabat i2 bgaikan sbuah buku yg hanya terbit sekali se-umur hidup yg paling q-ta sayangi yg bisa membuat q-ta senang, sedih dan bahkan takut, Jadi jgn Sia-siakan sahabat.
  • Mencintai seseorang seperti sinar matahari setelah hujan.
  • Rasa hormat, k’kaguaman dan k’percayaan menyamai cinta.
  • Cinta adalah K’kuasaan dunia yg paling kuat.
  • Cinta adalah momen yg brtahan selama-lamanya.
  • Jika cinta mudah d’mengerti smw bisa melakukan’y, i2lah yg membuat’y hebat dan menjadi salah satu k’kuatan terhebat yg ada d’dunia.
  • Jalan k’baikan adalah jalan tuhan, maka sesungguh’y q-tq yg berada d’jalan kebaikan adalah berjalan bersama tuhan. Maka berjalanlah d’dlm k’baikan’y.
  • Q-ta bisa memenangkan sbuah peperangan dgn k’kuatan, tpi q-ta harus me2nangkan k’hidupan dgn hati.
  • Dia yg semasa muda menjadi budak dr kesenang2an akan menjadi tawanan penyesalan d’masa mendatang.
  • Dari smw pribadi yg tinggi u/ menaiki tangga yg tinggi adalah k’tegasan.
  • Bintang i2 indah meski tak selalu nampak tiap malam, tapi dia selalu ada d’balik awan, begitu juga dgn pesanku meski tak setiap saat, tp akan selalu q kirim spesial untukmu.
  • Cinta tak diam, bergerak bebas berkeliling alam, banyak jiwa tak menyadari Bahwa cinta tak terkendali, kesana kemari tiada henti menampakan diri d’dpn k’kasih hati, jika tak berhati-hati cinta bisa menyakiti dan d’sakiti.
  • Hiduplah seperti lilin yg selalu menerangi, jgn hidup bagaikan duri yg menusuk dan membuat sakit.
  • Cinta lebih kuat dari kebencian.
  • Pengampunan adalah bentuk terakhir dari cinta.
  • Cinta adalah persahabatan yang menggelora.
  • Cinta adalah sebuah keberanian, berani memulai walaw tau akan berakhir, berani b’khayal walaw tau sakit’y jatuh, berani mencinta walaw tahu pahit’y luka dan berani memiliki walaw tahu pahit’y k’hilangan.
  • Cinta i2 jgn seperti NOBITA yg mudah putus asa, jgn seperti JAYEN yg penuh em0si, jgn seperti SUNE0 yg memandang harta. Tapi cinta i2 seperti DORAEMON yg penuh dgn k’ajaiban.
  • Kalau kau ingin mengumpulkan madu, jgn memandang sarang lebah.
  • Orang langaka yg mampu memuaskan dahaga kalbu akan menggenggam orang lain d’dlm tangan’y.
  • Hanya ada satu cara d’muka bumi ini u/ membuat orang lain melakukan sesuatu, yakni, membuat orang i2 sendiri melakukannya.
  • Di lubuk hatiku altar cinta yg q pahat telah d’tasbihkan oleh tuhan dan masih tetap b’tahan dr himpitan yg merusak’y.
  • Hari2 k’kuasaan q menjadi penghalang u/ mengerti makna cinta dan k’indahan hidup, aq menyesali hidup q yg penuh k’sombongan.
  • Ketika cinta menerangiku, aq menjadi randah hati sebelum bangsa q d’serang tentara2 yg kuat.
  • Ketika bunga bersemi dalam hidup dan aroma segar’y yg berasal dr bumi t’senyum menyapa setiap orang, jiwaku menyadap k’bijaksanaan, k’kuatan, k’lemahan dan k’salahan.
  • Kekekalan akan menjaga cinta dr k’kosongan krn cinta adalah bagai k’hadiran.
  • Cinta adalah permata kemuliaan abad yg d’berikan oleh orang lemah yg tertindas kepada orang yg kuat.
  • Jam i2 adalah inspirasi nyanyian2 sulaiman yg lahir dr utusan d’atas gunung.
  • Jam i2 adalah akar2 yg harus tumbuh subur, jam meditasi sembahyang dunia baru k’baikan.
  • Cinta q sekuat piramida-mu yg tak lekang oleh waktu, cinta q sekokoh cedar suci yg tak pernah lapuk.
  • Telapak tanganmu adalah mata air yg tiada habis’y, nafas-mu adalah udara segar.
  • Telah ku tangisi deritamu dan kekalahanku dan air mata ku menetes bagai kristal, tetapi tak mampu menyingkirkan bekunya kelemahanmu, tetapi i2 telah menyingkirkan selubung dr mata ku.
  • K’munafikan adalah Agama-Mu, K’jatuhan adalah hidupmu, K’hampaan adalah akhir hidupmu, K’matian adalah satu2’y kesenangan bagai penderitaan.
  • Hidup adalah sesuatu kekuatan menyertai masa remaja, suatu k’tekunan m’nyertai kedewasaan dan suatu kebijaksanaan menyertai umur panjang.
  • Pengetahuan adalah cahaya memperkaya kehangata hidup dan semuanya dapat ikut mencarinya.
  • Pri kemanusiaan adalah sungai cenerlang dan mengalirkan rahasia gunung k’jantung samudera bagai genangan rawa yg penuh dgn serangga dan ular berbisa.
  • Kemanusiaan adalah sungai pencerahan yg mengalir dr luar k’abadian menuju k’dlm keabadian.

Minggu, 24 Januari 2010

Perguruan Tinggi

Mengenal perguruan tinggi adalah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan atau pengajaran dan penelitian atas ilmu pengetahuan secara dalam luas dan menyeluruh.

Pendidikan perguruan tinggi di bentuk menjadi 5 bagian, yaitu

  • Akademi : perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan kejuruan yang ada di lingkungan pendidikan tinggi, biasa di kenal dengan pendidikan profesional. (ABA, aKPER, AKBID)
  • Sekolah Tinggi : Perguruan tinggi yang melaksanakan satu bidang pendidikan kejuruan yang hanya terdiri dari satu fakultas dan terdiri dari beberapa jurusan. (STAN, STPDN, STIES, STO)
  • Institute : Perguruan tinggi yang melaksanakan program pendidikan yang bersifat keilmuwan dan kejuruan dalam satu bidang ilmu pengetahuan, Teknologi atau seni dan terdiri dari sejumlah fakultas dan jurusan. (ITS, IPB, IKJ)

  • Universitas : Perguruan tinggi yang melaksanakan program pendidikan yang bersifat keilmuwan dan kejuruan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi seni banyak fakultas dan jurusan. (UI, UGM, UNJ, UPI, UNAIR, UNDIP)

Di Universitas bermutu biasanya memiliki jurusan terfavorit di antara lain :

    1. Farmasi

    2. Fisika

    3. Kimia

    4. Matematika

    5. Biologi

    6. Geografi

    7. Geofisika

    8. Agronomi

    9. Psikologi

    10. Arsitektur

    11. Arkeologi

    12. Sosiologi

    13. Akutansi

    14. Antropologi budaya

    15. Pelestarian tanaman

    16. Statistika

    17. Manajemen, Hukum, Sumber daya perairan

    18. Konservasi hasil hutan

    19. Budidaya hutan, Perairan

    20. Sosial ekonomi pertanian, Ternak

    21. Penyuluran dan komunikasi pertanian

    22. Nutrisi dan makanan ternak

    23. Produksi ternak

    24. Ekonomi pembangunan

    25. Pendidikan Dokter, Dokter gigi, Dokter Hewan

    26. Teknik Geodesi, Kimia, Geologi, Elektro, Mesin, Sipil, Nuklir, Pertanian, Hasil Pertanian, Industri Hasil Pertanian.

    27. Ilmu Komputer, Tanah, Hama dan Penyakit Tumbuhan, Filsafat, Hukum, Sejarah, Administrasi Negara, Hubungan Internasional, Pemerintahan, Komunikasi, Sosiatri.

    28. Teknologi Hasil Ternak, Hasil Pertanian, Hasil Hutan

    29. Sastra arab, Indonesia, Inggris, Dareah/sastra jawa, Prancis, Jepang.

Kamis, 07 Januari 2010

70% Terumbu karang dunia alami kerusakan


Kerusakan terumbu karang di perairan dunia kian hari kian memprihatinkan. 70% terumbu karang dunia dalam keadaan rusak parah. kondisi ini lebih parah dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.


Salah satu faktor diduga menjadi penyebab kerusakan terumbu karang ini adalah polusi, pemancingan yang berlebihan, (Over Fishing) pemanasan global dan dampak pembangunan.

Terumbu karang atau Coral Reefs adalah bentuk kehidupan laut yang paling tua keeradaannya dan paling beraneka ragam janis-jenisnya. tumbuhan ini sangat berperan dalam rantai ekosistem hewan dan tumbuhan laut dan berperan menjadi penyedia makanan karena merupakan tempat berlindungya plankton dan ikan-ikan kecil.




bagi lingkungannya terumbu karang mampu mengurangi Runn Off bahan material dasar laut.

Para ahli meyakini pemanasan global menjadi penyebab punahnya terumbu karang dan naknya suhu air dan konsentrasi co2 sehingga mempercepat kerusakan terumbu karang.


"Terumbu karang butuh perhatian kita agar keberadaannya tidak punah," sekitar 65% terumbu karang yang berada di laut persia telah rusak . di perairan laut Asia Selatan dan tenggara mencapai 40% sampai 48% di laut Caribia, Sebanyak 80 - 90% Coral Elkhorh dan Staghorn spesies yang paling banyak di temukan disana diketahui telah mati.


waspada terhadap mediia nakal


Media massa, khususnya media elektronik ikut andil dalam menyebarkan model kekerasan terhadap anak-anak. Media terlalu detail dalam menggambarkan bentuk-bentuk kekerasan serta detail kronologisnya.


"Media massa jangan hanya sekedar menampilkan fakta yang akhirnya justru bisa menjadi model bagi pelaku kriminal lainnya" (kata majalah yg pernah gu baca gt lhoo ...)Banyak televisi yang menyiarkan berita kekerasan. mulai dari modus, kronologisnya, hingga mengekspos korbannya dan memengaruhi trend kejahatan terhadap anak-anak.




Ada 3 penyebab terjadinya penganiayaan hingga pembunuhan terhadap anak-anak yang tidak berdosa.


  1. Paradigma keliru tentang anak

  2. Kesulitan ekonomi

  3. Frustasi terhadap atasan yang dilampiaskan pada anak-anak


Semua ini menyebabkan anak kehilangan hak untuk hidup. Serngkali penegakan disiplin baik di sekolah maupun di lingkungan keluargacenderung diterapkandengan kekerasan.INI HAYA SEKEDAR PERSENTASII INFO LUAR YANG SAYA KETAHUI ..